Jadwal Pembukaan CPNS 2024

Sertifikat BLC

Ramai di Media Sosial, Jadwal Pembukaan CPNS Dimulai 15 Juli 2024, Cek Selengkapnya di Sini.

Saat ini jejaring sosial ramai memperbincangkan jadwal pembukaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang bakal dibuka mulai 15 juli 2024.

Salah satu sumber informasi tersebut diunggah pada sosial media instagram oleh akun @aymangayu pada Jumat (14/6/2024).

Pada unggahan tersebut telah dibanjiri banyak komentar oleh khayalak online. Pengunggah menuliskan pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) periode I untuk sekolah kedinasan telah ditutup. Dengan demikian, tinggal menunggu jadwal pembukaan periode II untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) kementerian dan lembaga.

"Periode II, coming very soon!" tulis unggahan akun instagram @aymangayu.

Terlihat pada unggahan video tersebut, pengumuman seleksi CPNS bakal dibuka mulai 15-29 Juli 2024. Sementara, untuk pembukaan pendaftaran seleksi bakal dimulai pada 16 Juli hingga 5 Agustus 2024. Kemudian, seleksi administrasi dijadwalkan pada 16 Juli hingga 11 Agustus. Untuk hasil seleksi administrasi bakal diumumkan pada 12-13 Agustus 2024. 

Selanjutnya, jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bakal dibuka mulai pada 1-4 September 2024. Sementara, untuk jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bakal dimulai pada 9 September hingga 19 Oktober 2024. Kemudian, untuk hasil pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bakal diumumkan pada 1-2 November 2024. 

Lantas, benarkah jadwal pembukaan CPNS periode II 2024 bakal dimulai pada 15 juli mendatang? Begini penjelasan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Vino Dita Tama mengatakan, bahwa pihaknya hingga saat ini belum mengumumkan kapan jadwal pembukaan CPNS bakal dimulai.

"Terkait rencana pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK masih menunggu pembukaan resmi dari Kementerian PANRB," kata dia kepada CNN Indonesia, Rabu (26/6).

Lanjutnya, Vino Dita Tama mengatakan, nanti setelah jadwal pembukaan diumumkan, pihaknya akan menyampaikan lebih lanjut jadwal per-tahapannya. Oleh sebab itu, ia meminta kepada khalayak ramai untuk menunggu informasi resmi dari pemerintah.

"Silakan ditunggu informasinya," ucapnya.

Kementerian PANRB memang menargetkan jadwal pembukaan seleksi CPNS 2024 dibuka pada Juli mendatang. Jadwal seleksi bakal dibuka usai penetapan formasi yang diharapkan rampung Juni ini.

Namun, jadwal pembukaan seleksi tersebut belum pasti, masih bersifat tentatif. 

"Mudah-mudahan ya, kita sih mintanya Juni harusnya sudah selesai (penetapan formasi), supaya Juli bisa ini (buka seleksi), tapi kita belum tau ya kapan ininya, masih nunggu penetapan dari pak menteri (PAN-RB)," kata Sekretaris Kemenpan-RB Rini Widyantini di Gedung DPR, Rabu (12/6).

Rini mengatakan seluruh instansi sudah mengusulkan formasi ASN yang dibutuhkan. Saat ini BKN sedang melakukan validasi data formasi agar sesuai antara data ASN dengan yang diusulkan.

"Nah ini kita masih menunggu nanti kalau memang itu sudah klop maka kita akan melakukan penetapan (formasi)," katanya.

Editor : Muslim Bayu Anggara | 17-07-2024

Bagikan :

Also on BLC Blog

Kapan Tanggal Pendaftaran CPNS 2024? Cek Jadwal Berikut

Tanggal pendaftaran Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi momen yang dinantikan calon pendaftar. Apalagitahun ini disebut sebagai tahun pembukaan formasi CPNS terbanyak sepanjang sejarah.

Seleksi CPNS 2024 akan di...

POLEMIK CLEANSING GURU HONORER

Miris! Kebijakan dari pemerintah yang memberhentikan guru honorer secara sepihak tanpa adanya solusi. Sudah gaji mereka terbilang sangat kecil malah mendapatkan perlakuan yang tidak adil. 

Setelah terbentuk opini publi...

Formasi CPNS Kemenag 2024

Pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementrian Agama (Kemenag) tahun 2024 menjadi kesempatan bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi bagian dari pemerintah. Setiap tahunnya, Kemenag membuka berbagai formasi yang mencakup berbag...